10 Obat Rumahan untuk Gejala Pneumonia


Obat Rumahan untuk Gejala Pneumonia

Apa yang bisa kamu lakukan


Obat rumahan tidak dapat mengobati pneumonia, tetapi mereka dapat digunakan untuk mengelola gejalanya secara efektif. Namun, itu bukan pengganti rencana perawatan yang disetujui dokter. Anda harus terus mengikuti rekomendasi dokter Anda saat menggunakan terapi komplementer ini.

Baca terus untuk mengetahui bagaimana Anda bisa menggunakan pengobatan rumahan untuk meredakan batuk, nyeri dada, dan banyak lagi. Jika gejala Anda memburuk atau bertahan di luar perkiraan Anda, kunjungi dokter Anda.


Jika Anda batuk


Anda mungkin mengalami batuk pada awal pneumonia Anda. Ini mungkin muncul dalam 24 jam pertama, atau mungkin berkembang selama beberapa hari.

Batuk membantu membersihkan tubuh Anda dari infeksi dengan mengeluarkan cairan dari paru-paru Anda, sehingga Anda tidak ingin berhenti batuk sepenuhnya. Tetapi Anda memang ingin menurunkan batuk sehingga tidak mengganggu istirahat Anda atau menyebabkan rasa sakit dan iritasi lebih lanjut.

Batuk Anda mungkin bertahan selama beberapa waktu selama dan setelah pemulihan. Seharusnya mereda secara signifikan setelah sekitar enam minggu.


Lakukan kumur air garam


Berkumur dengan air garam - atau bahkan hanya dengan air. Sumber terpercaya - dapat membantu menghilangkan beberapa lendir di tenggorokan dan meredakan iritasi.

Untuk melakukan ini:

  •     Larutkan 1/4 hingga 1/2 sendok teh garam ke dalam segelas air hangat.
  •     Berkumur campuran selama 30 detik, dan keluarkan.
  •     Ulangi setidaknya tiga kali sehari.

Minum teh peppermint panas


Peppermint juga dapat membantu mengurangi iritasi dan mengeluarkan lendir. Itu karena itu adalah obat dekongestan, antiinflamasi, dan penghilang rasa sakit yang terbukti ampuh.

Jika Anda belum memiliki teh peppermint, Anda dapat mengambil teh yang longgar atau dikantongi di toko kelontong lokal atau online. Dan jika Anda memiliki peppermint segar, Anda dapat dengan mudah membuat teh sendiri menggunakan semua jenis mint.

Untuk membuat teh segar:

  •     Cuci dan potong daun mint segar dan letakkan dalam cangkir atau poci teh.
  •     Tambahkan air mendidih dan curam selama sekitar lima menit.
  •     Saring dan sajikan dengan lemon, madu, atau susu.

Anda mungkin ingin menghirup aroma teh peppermint dalam-dalam saat teh seduhan. Ini dapat membantu membersihkan jalur hidung Anda.


Jika Anda demam


Demam Anda mungkin berkembang tiba-tiba atau selama beberapa hari. Dengan perawatan, itu akan mereda dalam seminggu.
Gunakan penghilang rasa sakit yang dijual bebas

Penghilang rasa sakit yang dijual bebas, seperti ibuprofen (Advil), dapat membantu mengurangi demam dan mengurangi rasa sakit.

Jika Anda bisa, minum obat penghilang rasa sakit dengan makanan atau perut penuh. Ini membantu mengurangi risiko efek samping Anda, seperti mual.

Orang dewasa biasanya dapat menggunakan satu atau dua kapsul 200 miligram (mg) setiap empat hingga enam jam. Anda tidak boleh melebihi 1.200 mg per hari.

Untuk anak-anak, ikuti petunjuk pada kemasan.


Kompres hangat-hangat kuku


Anda juga dapat menggunakan kompres hangat untuk membantu mendinginkan tubuh Anda dari luar. Meskipun mungkin tergoda untuk menggunakan kompres dingin, perubahan suhu yang tiba-tiba dapat menyebabkan kedinginan. Kompres hangat memberikan perubahan suhu yang lebih bertahap.

Untuk membuat kompres:

  •      Basahi handuk kecil atau handuk kecil dengan air hangat.
  •      Peras air berlebih dan letakkan kompres di dahi Anda.
  •      Ulangi sesering yang Anda inginkan.


Jika Anda kedinginan


Menggigil bisa datang sebelum atau selama demam. Mereka biasanya mereda setelah demam Anda pecah. Ini dapat berlangsung hingga satu minggu, tergantung pada kapan Anda memulai perawatan.

Minumlah air hangat


Jika teh peppermint bukan urusan Anda, segelas air hangat akan berhasil. Ini dapat membantu Anda tetap terhidrasi dan menghangatkan Anda secara internal. Lakukan upaya ekstra untuk mendapatkan cairan.

Makanlah semangkuk sup


Tidak hanya semangkuk sup panas yang bergizi, ia juga dapat membantu mengisi kembali cairan vital saat menghangatkan dari dalam ke luar.


Jika Anda kehabisan napas


Dengan pneumonia, pernapasan Anda mungkin tiba-tiba menjadi cepat dan dangkal, atau ini bisa berkembang secara bertahap selama beberapa hari. Anda bahkan mungkin mengalami sesak napas saat Anda beristirahat. Dokter Anda mungkin telah meresepkan obat atau inhaler untuk membantu. Jika saran berikut tidak membantu dan napas Anda menjadi lebih pendek, segera dapatkan perawatan medis.

Duduk di depan kipas angin


Sebuah studi dari 2010Trusted Source menemukan bahwa menggunakan kipas genggam dapat mengurangi sesak napas. Relawan mengarahkan kipas melintasi hidung dan mulut, yang menghasilkan sensasi dingin di wajah. Mereka melakukan ini selama lima menit setiap kali, bergantian antara mengarahkan kipas angin ke kaki mereka. Anda dapat menggunakan kipas genggam sampai gejala Anda mereda.

Minumlah secangkir kopi


Minum secangkir kopi juga dapat membantu meringankan sesak napas. Ini karena kafein mirip Sumber terpercaya dengan obat bronkodilator yang disebut teofilin. Keduanya dapat digunakan untuk membuka saluran udara di paru-paru Anda, yang dapat membantu meringankan gejala Anda. Efek kafein dapat bertahan hingga empat jam.


Jika Anda mengalami nyeri dada


Nyeri dada bisa datang tiba-tiba atau selama beberapa hari. Beberapa nyeri atau nyeri dada diperkirakan terjadi karena pneumonia. Dengan pengobatan, nyeri dada biasanya mereda dalam waktu empat minggu.

Minumlah secangkir teh kunyit


Kunyit telah terbukti sebagai sumber terpercaya untuk memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu menghilangkan rasa sakit. Meskipun penelitian yang ada tentang bentuk-bentuk rasa sakit lain, ia berpikir bahwa efeknya dapat meluas ke nyeri dada. Kunyit juga memiliki sifat antioksidan dan antimikroba.

Anda dapat membeli teh kunyit di toko lokal atau daring. Anda juga bisa membuat teh sendiri menggunakan bubuk kunyit.

Untuk membuat teh segar:

  •     Tambahkan 1 sendok teh bubuk kunyit ke dalam beberapa gelas air mendidih.
  •     Kecilkan api dan perlahan-lahan didihkan selama 10 menit.
  •     Saring dan sajikan dengan madu dan lemon.
  •     Tambahkan sejumput lada hitam untuk meningkatkan penyerapan.
  •     Minumlah sesering yang Anda suka.

Minumlah secangkir teh jahe


Jahe juga telah terbukti memiliki sifat anti-inflamasi dan analgesik yang membuatnya berguna dalam mengurangi rasa sakit. Seperti kunyit, penelitian terbaru tentang jahe belum melihat kemanjurannya untuk nyeri dada, tetapi efek penghilang rasa sakitnya diperkirakan berlaku di sini.

Anda dapat menemukan teh jahe longgar atau kantong di toko kelontong lokal atau online. Anda bisa menggunakan jahe mentah untuk membuat teh jahe sendiri.

Untuk membuat teh segar:

  •     Potong atau parut beberapa potong jahe segar dan tambahkan ke panci berisi air mendidih.
  •     Kecilkan api dan biarkan mendidih selama sekitar 20 menit.
  •     Saring dan sajikan dengan madu dan lemon.
  •     Minumlah sesering yang Anda suka.

Tetap pada rencana perawatan Anda


Rencana perawatan pneumonia khas terdiri dari istirahat, antibiotik, dan peningkatan asupan cairan. Anda harus tenang meskipun gejala Anda mulai mereda.

Dalam beberapa kasus, dokter Anda mungkin meresepkan obat antivirus alih-alih antibiotik.

Anda harus mengambil seluruh pengobatan bahkan setelah Anda mulai melihat peningkatan. Jika Anda tidak melihat peningkatan dalam tiga hari, kunjungi dokter Anda.

Anda harus dilakukan:

  • Minumlah setidaknya 8 gelas air atau cairan per hari. Cairan membantu mengencerkan lendir dan menjaga demam Anda.
  • Pastikan Anda cukup istirahat. Tubuh Anda membutuhkan waktu ekstra untuk pulih dan pulih dengan baik. Istirahat yang cukup juga dapat membantu mencegah kekambuhan.
  • Ikuti rencana diet sehat yang seimbang untuk memasukkan semua kelompok makanan. Selama pemulihan, Anda disarankan makan enam kali sehari lebih sedikit daripada tiga kali sehari.

Ringkasan


Radang paru-paru Anda harus mulai membaik dengan mantap setelah Anda memulai perawatan. Pneumonia serius dan mungkin memerlukan rawat inap. Dalam kebanyakan kasus, dibutuhkan sekitar enam bulan sebelum Anda merasa pulih sepenuhnya.

Setelah diagnosis awal Anda, penting untuk mengatur kecepatan diri sendiri dan memberi waktu bagi tubuh Anda untuk pulih. Makan dengan baik dan banyak istirahat adalah kuncinya.

Setelah Anda menderita pneumonia sekali, Anda lebih mungkin mengalaminya lagi. Bicaralah dengan dokter Anda tentang apa yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan dan mengurangi risiko Anda secara keseluruhan sebanyak mungkin.

0 komentar