Tingkat Kolesterol yang Direkomendasikan berdasarkan Usia

Tingkat Kolesterol yang Direkomendasikan berdasarkan Usia

Ikhitisar


Kesehatan jantung yang baik seperti balok pembangun: Ini kumulatif.

Semakin awal Anda mencoba membuat pilihan gaya hidup sehat, semakin baik Anda seiring bertambahnya usia. Pikirkan tentang membuat perubahan kecil sekarang yang akan menyebabkan perubahan besar bertahun-tahun kemudian. Ini seperti kereta yang sedikit mengubah jalurnya, yang mengarah ke perbedaan besar di tujuan akhirnya.

Ini terutama benar ketika menyangkut kolesterol tinggi.

Kolesterol adalah zat berlemak yang dibuat hati Anda. Itu juga ditemukan dalam makanan tertentu. Tubuh Anda membutuhkan kolesterol agar berfungsi dengan baik. Tetapi memiliki terlalu banyak jenis kolesterol jahat - kolesterol LDL tinggi - membuat Anda berisiko terkena serangan jantung atau stroke.

Kolesterol dalam aliran darah Anda dapat menumpuk di dinding pembuluh darah, menyebabkan penyumbatan yang dapat menyebabkan:

  • mengurangi aliran darah ke jantung dan meningkatkan risiko serangan jantung
  • penurunan aliran darah ke otak dan peningkatan risiko stroke

Menurut Pusat Tepercaya Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), memiliki kolesterol tinggi meningkatkan risiko penyakit jantung.

Level kolesterol total Anda adalah jumlah keseluruhan kolesterol yang ditemukan dalam darah Anda. Terdiri dari:

  • low-density lipoproteins (LDL)
  • high-density lipoproteins (HDL)
  • trigliserida

LDL juga disebut kolesterol "jahat" karena kolesterol ini memblokir pembuluh darah Anda dan meningkatkan risiko penyakit jantung. HDL dianggap kolesterol "baik" karena membantu melindungi Anda dari penyakit jantung. Semakin tinggi HDL Anda, semakin baik.

Akhirnya, kolesterol total termasuk jumlah trigliserida. Ini adalah jenis lemak lain yang dapat menumpuk di tubuh dan dianggap sebagai "blok bangunan" kolesterol.

Kadar trigliserida yang tinggi dan kadar HDL yang rendah meningkatkan risiko penyakit jantung.


Kolesterol pada orang dewasa


The American Heart Association merekomendasikan agar semua orang dewasa memeriksakan kolesterol mereka setiap 4 hingga 6 tahun, dimulai pada usia 20, saat itulah kadar kolesterol dapat mulai naik.

Seiring bertambahnya usia, kadar kolesterol cenderung meningkat. Pria umumnya berisiko lebih tinggi daripada wanita untuk kolesterol tinggi. Namun, risiko wanita meningkat setelah memasuki menopause.

Bagi mereka yang memiliki kolesterol tinggi dan faktor risiko jantung lainnya seperti diabetes, tes yang lebih sering direkomendasikan.


Tabel kolesterol untuk orang dewasa


Menurut pedoman 2018 tentang manajemen kolesterol darah yang diterbitkan dalam Journal of American College of Cardiology (JACC), ini adalah pengukuran yang dapat diterima, batas, dan tinggi untuk orang dewasa.

Semua nilai dalam mg / dL (miligram per desiliter) dan didasarkan pada pengukuran puasa.

Total cholesterolHDL cholesterolLDL cholesterolTriglycerides
GoodLess than 200 (but the lower the better)Ideal is 60 or higher; 40 or higher for men and 50 or higher for women is acceptableLess than 100; below 70 if coronary artery disease is presentLess than 149; ideal is <100
Borderline toModerately elevated200–239n/a130–159
150–199High240 or highern/a160 or higher; 190 considered very high
200 or higher; 500 considered very highLown/aless than 40n/a


Kolesterol pada anak-anak


Anak-anak yang aktif secara fisik, memiliki diet sehat, tidak memiliki kelebihan berat badan, dan tidak memiliki riwayat keluarga yang kolesterol tinggi berisiko lebih rendah untuk memiliki kolesterol tinggi.

Pedoman saat ini merekomendasikan agar semua anak memeriksakan kolesterol mereka antara usia 9 dan 11, dan sekali lagi antara usia 17 dan 21.

Anak-anak dengan faktor risiko yang lebih banyak, seperti diabetes, obesitas, atau riwayat keluarga dengan kolesterol tinggi, harus diperiksa antara usia 2 dan 8, dan sekali lagi antara usia 12 dan 16.


Tabel kolesterol untuk anak-anak


Menurut JACC, berikut ini adalah kadar kolesterol yang disarankan untuk anak-anak:

Semua nilai dalam mg / dL (miligram per desiliter):


Total cholesterolHDL cholesterolLDL cholesterolTriglycerides
Good170 or lessGreater than 45Less than 110Less than 75 in children 0–9; less than 90 in children 10–19
Borderline170–19940-45110–12975-99 in children 0–9; 90–129 in children 10–19
High200 or highern/a130 or higher100 or more in children 0–9; 130 or more in children 10–19
Lown/aLess than 40n/an/a


Perubahan gaya hidup


Berita baiknya adalah bahwa perubahan gaya hidup cukup efektif dalam membantu Anda mengurangi kadar kolesterol. Mereka juga cukup mudah dan dapat dilakukan pada usia berapa pun.

Perubahan meliputi:

Olahraga


Aktivitas fisik dapat membantu Anda menurunkan berat badan dan meningkatkan kolesterol HDL Anda. Cobalah berolahraga kardiovaskular moderat selama 30 hingga 60 menit sehari, seperti bersepeda, jogging, berenang, dan menari, setidaknya 5 kali seminggu.


Makan lebih banyak serat


Cobalah untuk menambahkan lebih banyak serat ke dalam makanan Anda, seperti mengganti roti putih dan pasta dengan biji-bijian.


Makan lemak sehat


Lemak sehat meliputi:

  • minyak zaitun
  • alpukat
  • kacang-kacangan tertentu

Ini semua adalah lemak yang tidak akan menaikkan level LDL Anda.


Batasi asupan kolesterol Anda


Kurangi jumlah makanan berlemak jenuh tinggi seperti:

  • keju
  • susu
  • daging merah lemak tinggi

Berhenti merokok


Merokok mengurangi kolesterol HDL. Jika Anda merokok, berhenti merokok dapat membantu Anda mengelola kadar kolesterol dengan lebih baik.

Penting untuk diingat bahwa setiap orang berbeda.

Riwayat keluarga dan apakah Anda memiliki kondisi lain, seperti diabetes atau obesitas, berperan dalam risiko individu Anda.

Bicaralah dengan penyedia layanan kesehatan Anda tentang kadar kolesterol Anda dan tanyakan menurut mereka seharusnya angka Anda.

“Kuncinya adalah memiliki kadar kolesterol normal sepanjang hidup Anda.

“Salah satu kesalahpahaman adalah bahwa orang dapat memiliki kolesterol yang tidak terkontrol selama bertahun-tahun dan kemudian memutuskan untuk mengambil tindakan. Pada saat itu, plak sudah dapat terbentuk, ”kata Dr. Eugenia Gianos, ahli jantung di NYU Langone Medical Center.


Batasi asupan alkohol Anda


The American Heart Association merekomendasikan untuk meminum alkohol dalam jumlah sedang, yang berarti, rata-rata, tidak lebih dari dua minuman per hari untuk pria dan tidak lebih dari satu minuman per hari untuk wanita.

Minum terlalu banyak alkohol dapat meningkatkan kadar lemak trigliserida dalam aliran darah dan menyebabkan kondisi seperti:

  • hipertensi (tekanan darah tinggi)
  • fibrilasi atrium

Menurunkan berat badan


Kehilangan berat badan berlebih dapat membantu menurunkan kadar kolesterol Anda.

Untuk menurunkan berat badan, berikut adalah beberapa tips.

  • Cobalah untuk melakukan perubahan pola makan yang sehat dan fokus pada kontrol porsi.
  • Cobalah untuk memilih protein tanpa lemak, biji-bijian, buah-buahan, dan sayuran.
  • Cobalah untuk membatasi lemak tidak sehat, makanan olahan, dan camilan manis.
  • Cobalah menambahkan lebih banyak aktivitas fisik ke rutinitas mingguan Anda untuk meningkatkan pembakaran kalori Anda sehingga jumlah kalori yang Anda konsumsi kurang dari jumlah yang Anda bakar. 

0 komentar