Obat Alami untuk Kolesterol Tinggi

Obat Alami untuk Kolesterol Tinggi


Obat untuk kolesterol tinggi


Perawatan alami atau komplementer untuk penyakit jantung sering bertujuan untuk mengontrol kadar kolesterol, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan kesehatan jantung. Biasanya, penelitian tentang perawatan tersebut terbatas, dibandingkan dengan perawatan medis konvensional.

Beberapa produk alami telah terbukti secara klinis mengurangi kolesterol. Menurut Heart Failure Society of America (HFSA), tidak ada bukti bahwa terapi alternatif atau herbal menurunkan risiko gagal jantung. Namun, banyak orang telah mengalami beberapa keberhasilan dengan perawatan alternatif. Sebagai contoh, Mayo Clinic mencatat bahwa beberapa suplemen penurun kolesterol dan pengobatan alami mungkin bermanfaat.

Sebelum Anda mencoba perawatan alternatif, tanyakan kepada dokter Anda untuk menentukan apakah mereka aman untuk Anda. Bahan-bahan dalam beberapa terapi alternatif dapat mengganggu obat-obatan tertentu atau memiliki efek samping yang berbahaya.

Astragalus


Astragalus adalah ramuan yang digunakan untuk mendukung sistem kekebalan tubuh dalam pengobatan tradisional Tiongkok. Ini memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi. Ini dianggap sebagai "adaptogen." Ini berarti itu diyakini melindungi tubuh terhadap berbagai tekanan.

Studi terbatas menunjukkan bahwa astragalus mungkin memiliki beberapa manfaat bagi jantung Anda. Tetapi menurut Pusat Nasional untuk Kesehatan Pelengkap dan Integratif (NCCIH), uji klinis manusia berkualitas tinggi umumnya kurang dari Sumber Terpercaya. Diperlukan lebih banyak penelitian untuk mempelajari bagaimana astragalus dapat memengaruhi kadar kolesterol Anda dan kesehatan jantung secara keseluruhan.

Hawthorn


Hawthorn adalah semak yang berhubungan dengan mawar. Buah beri, daun, dan bunganya telah digunakan untuk masalah jantung sejak zaman Kekaisaran Romawi.

Beberapa studi telah menemukan tanaman itu menjadi pengobatan yang efektif untuk bentuk gagal jantung yang lebih ringan. Namun, hasil penelitian bertolak belakang dengan Sumber Percayakan, memperingatkan NCCIH. Tidak ada bukti ilmiah yang cukup untuk mengetahui apakah hawthorn efektif untuk masalah jantung lainnya.


Biji Rami (Flaxseed)


Biji rami berasal dari tanaman rami. Minyak biji rami dan biji rami mengandung asam alfa-linolenat (ALA) tingkat tinggi. Ini adalah asam lemak omega-3 yang dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

Penelitian tentang manfaat biji rami untuk kesehatan jantung telah menghasilkan hasil yang beragam. Sumber terpercaya, lapor NCCIH. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa persiapan biji rami dapat membantu menurunkan kolesterol, terutama di antara orang-orang dengan kadar kolesterol tinggi dan wanita pascamenopause.


Ikan dengan asam lemak omega-3


Asam lemak omega-3 juga ditemukan dalam ikan dan minyak ikan. Salmon, tuna, trout danau, herring, sarden, dan ikan berlemak lainnya merupakan sumber yang kaya.

Menurut Mayo Clinic, para ahli telah lama percaya bahwa asam lemak omega-3 dalam ikan membantu mengurangi risiko kematian akibat penyakit jantung. Studi yang lebih baru menunjukkan bahwa nutrisi lain dalam ikan, atau kombinasi dari nutrisi tersebut dan asam lemak omega-3, dapat membantu melindungi jantung Anda. Makan satu atau dua porsi ikan berlemak per minggu dapat menurunkan peluang Anda meninggal karena serangan jantung.

Jika Anda memiliki penyakit jantung, Anda mungkin juga mendapat manfaat dari mengonsumsi suplemen asam lemak omega-3 atau mengonsumsi makanan lain yang kaya asam lemak omega-3. Misalnya, kenari, minyak kanola, dan kedelai adalah sumber yang baik. Namun, Mayo Clinic mencatat bahwa bukti lebih kuat untuk manfaat makan ikan dengan asam lemak omega-3 daripada mengonsumsi suplemen atau makan makanan lain.


Bawang putih


Bawang putih adalah bohlam yang dapat dimakan yang telah digunakan sebagai bahan memasak dan obat-obatan selama ribuan tahun. Itu bisa dimakan mentah atau dimasak. Ini juga tersedia dalam bentuk suplemen, sebagai kapsul atau tablet.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bawang putih dapat membantu menurunkan tekanan darah Anda, mengurangi kadar kolesterol darah Anda, dan memperlambat perkembangan atherosclerosis, lapor NCCIH. Namun, seperti banyak terapi alternatif, penelitian telah menghasilkan hasil yang beragam. Sumber terpercaya. Sebagai contoh, beberapa penelitian telah menemukan bahwa mengambil bawang putih selama satu hingga tiga bulan membantu menurunkan kadar kolesterol darah. Namun, sebuah studi yang didanai NCCIH pada keamanan dan efektivitas dari tiga persiapan bawang putih tidak menemukan efek jangka panjang pada kolesterol darah.


Beras ragi merah (Angkak)


Nasi ragi merah adalah obat tradisional Tiongkok dan bahan masakan. Itu dibuat dengan membudidayakan beras merah dengan ragi.

Beberapa produk angkak mengandung sejumlah besar monacolin K, lapor NCCIH. Zat ini secara kimiawi identik dengan bahan aktif dalam lovastatin obat penurun kolesterol. Produk beras ragi merah yang mengandung zat ini dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah Anda.

Produk beras ragi merah lainnya mengandung sedikit atau tidak ada monacolin K, menurut NCCIH. Beberapa juga mengandung kontaminan yang disebut citrinin. Kontaminan ini dapat menyebabkan gagal ginjal. Dalam banyak kasus, tidak ada cara bagi Anda untuk mengetahui produk mana yang mengandung monacolin K atau citrinin. Karena itu, sulit untuk mengatakan produk mana yang efektif atau aman.


Tumbuhan suplemen sterol dan stanol


Tumbuhan sterol dan stanol adalah zat yang ditemukan di banyak buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, biji-bijian, dan tanaman lainnya. Beberapa makanan olahan juga diperkaya dengan sterol atau stanol. Misalnya, Anda dapat menemukan margarin yang diperkaya, jus jeruk, atau produk yogurt.

Penelitian menunjukkan bahwa sterol dan stanol dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung, lapor Klinik Cleveland. Mereka membantu mencegah usus kecil Anda dari menyerap kolesterol. Ini dapat menurunkan kadar kolesterol jahat LDL dalam darah Anda.


Pro dan kontra dari solusi alami


Pro dari solusi alami


  1.  Kebanyakan solusi alami dapat diakses tanpa resep dokter.
  2.  Beberapa orang merasa obat alami bermanfaat ketika digunakan dengan rencana perawatan standar mereka.

Kontra dari solusi alami


  1. Tidak ada bukti bahwa pengobatan alternatif atau herbal saja dapat menurunkan kolesterol.
  2. Kebanyakan pengobatan alami tidak diatur, yang berarti bahwa beberapa efek samping mungkin tidak diketahui.


Perubahan pola makan dan gaya hidup


Anda juga dapat mengadopsi kebiasaan gaya hidup sehat untuk membantu mengelola kadar kolesterol darah Anda. Sebagai contoh:

  • Berhenti merokok.
  • Menurunkan berat badan berlebih.
  • Berolahragalah hampir setiap hari dalam seminggu.
  • Makan makanan yang menyehatkan jantung, termasuk makanan yang kaya serat larut dan asam lemak omega-3.
  • Batasi konsumsi makanan tinggi lemak jenuh. Misalnya, gantikan minyak zaitun dengan mentega.
  • Hilangkan lemak trans dari diet Anda.
  • Minumlah alkohol secukupnya.
  • Ambil langkah-langkah untuk mengurangi stres.

Obat untuk kolesterol tinggi


Berbagai macam obat juga tersedia untuk menurunkan kolesterol tinggi. Misalnya, dokter Anda mungkin meresepkan:

  • statin (lovaststin, atorvastatin)
  • inhibitor penyerapan kolesterol (cholestyramine)
  • obat injeksi (evolocumab)

Memahami kolesterol tinggi


Kolesterol adalah jenis lemak dalam darah Anda. Meskipun tubuh Anda membuat semua kolesterol yang dibutuhkan, Anda juga mendapatkan kolesterol dari makanan yang Anda makan. Genetika, usia, pola makan, tingkat aktivitas, dan faktor lainnya memengaruhi risiko Anda terkena kolesterol tinggi.

Kolesterol tinggi adalah salah satu faktor risiko utama penyakit jantung. Ini meningkatkan peluang Anda terkena penyakit jantung dan mengalami serangan jantung. Ini juga dapat meningkatkan risiko stroke. Secara khusus, kadar kolesterol LDL yang tinggi meningkatkan risiko kondisi ini. Kolesterol LDL sering disebut kolesterol "jahat".

Jika Anda memiliki kolesterol tinggi, dokter Anda mungkin akan meresepkan obat atau perubahan gaya hidup. Misalnya, menurunkan berat badan, meningkatkan aktivitas fisik, makan makanan sehat, dan berhenti merokok dapat membantu menurunkan kadar kolesterol Anda.

0 komentar