Manfaat Lainnya Dari Minyak Zaitun Extra Virgin Untuk Kesehatan

Manfaat Lainnya Dari Minyak Zaitun Extra Virgin Untuk Kesehatan

Meskipun sebagian besar minyak zaitun telah dipelajari untuk efeknya pada kesehatan jantung, konsumsi minyak zaitun juga telah dikaitkan dengan sejumlah manfaat kesehatan lainnya.

Minyak zaitun dan kanker

Kanker adalah penyebab umum kematian dan ditandai oleh pertumbuhan sel yang tidak terkendali. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang tinggal di negara-negara Mediterania memiliki risiko kanker yang cukup rendah, dan beberapa berspekulasi bahwa minyak zaitun ada hubungannya dengan ini. Salah satu penyumbang potensial kanker adalah kerusakan oksidatif karena molekul berbahaya yang disebut radikal bebas. Namun, minyak zaitun extra virgin tinggi antioksidan yang mengurangi kerusakan oksidatif.

Asam oleat dalam minyak zaitun juga sangat tahan terhadap oksidasi dan telah terbukti memiliki efek menguntungkan pada gen yang terkait dengan kanker. Banyak studi telah mengamati bahwa senyawa dalam minyak zaitun dapat membantu melawan kanker pada tingkat molekuler. Uji coba terkontrol pada manusia belum mempelajari apakah minyak zaitun membantu mencegah kanker.

Minyak zaitun dan penyakit Alzheimer

Penyakit Alzheimer adalah penyakit neurodegeneratif paling umum di dunia dan penyebab utama demensia. Salah satu ciri dari Alzheimer adalah penumpukan protein kusut yang disebut plak beta-amiloid pada neuron tertentu di otak. Sebuah studi pada tikus mengamati bahwa suatu zat dalam minyak zaitun dapat membantu membersihkan plak-plak ini. Selain itu, penelitian terkontrol pada manusia menunjukkan bahwa diet Mediterania yang diperkaya dengan minyak zaitun meningkatkan fungsi otak dan mengurangi risiko gangguan kognitif.

Ringkasan
Bukti awal menunjukkan bahwa minyak zaitun dapat membantu melawan kanker dan penyakit Alzheimer, meskipun penelitian pada manusia perlu mengonfirmasi hal ini.

Bisakah kamu memasak dengan minyak zaitun extra virgin? 

Selama memasak, asam lemak dapat teroksidasi, artinya mereka bereaksi dengan oksigen dan menjadi rusak. Ikatan rangkap dalam molekul asam lemak sebagian besar bertanggung jawab untuk ini.

Untuk alasan ini, lemak jenuh, yang tidak memiliki ikatan rangkap, tahan terhadap panas tinggi. Sementara itu, lemak tak jenuh ganda, yang memiliki banyak ikatan rangkap, sensitif dan menjadi rusak. Minyak zaitun kebanyakan mengandung asam lemak tak jenuh tunggal, yang hanya memiliki satu ikatan rangkap, dan cukup tahan terhadap panas tinggi.

Dalam sebuah penelitian, para peneliti memanaskan minyak zaitun extra virgin hingga 356 ° F (180 ° C) selama 36 jam. Minyak itu sangat tahan terhadap kerusakan. Penelitian lain menggunakan minyak zaitun untuk menggoreng, dan butuh 24-27 jam untuk mencapai tingkat kerusakan yang dianggap berbahaya. Secara keseluruhan, minyak zaitun tampaknya sangat aman - bahkan untuk memasak pada panas yang cukup tinggi.

Kesimpulan


Minyak zaitun sangat sehat. Bagi mereka yang memiliki penyakit jantung atau berisiko tinggi terkenanya, minyak zaitun jelas merupakan makanan super. Manfaat dari lemak yang luar biasa ini adalah di antara beberapa hal yang disetujui sebagian besar orang dalam bidang nutrisi.

0 komentar