Mengapa Minyak Zaitun Ekstra Virgin Adalah Lemak Paling Sehat di Dunia Dan Manfaatnya

Minyak Zaitun Ekstra Virgin Adalah Lemak Paling Sehat di Dunia Dan Manfaatnya

Lemak makanan sangat kontroversial, dengan perdebatan tentang lemak hewani, minyak biji, dan segala sesuatu di antaranya dengan kekuatan penuh. Kebanyakan orang setuju bahwa minyak zaitun extra virgin sangat sehat. Bagian dari diet Mediterania, minyak tradisional ini telah menjadi makanan pokok bagi beberapa populasi paling sehat dunia.

Studi menunjukkan bahwa asam lemak dan antioksidan dalam minyak zaitun dapat menawarkan beberapa manfaat kesehatan yang kuat, termasuk pengurangan risiko penyakit jantung. Artikel ini mengulas mengapa ekstrak minyak zaitun adalah salah satu lemak tersehat.

Apa itu minyak zaitun dan bagaimana membuatnya?


Minyak zaitun adalah minyak yang telah diekstraksi dari buah zaitun, buah dari pohon zaitun. Proses produksinya sangat sederhana. Zaitun dapat ditekan untuk mengekstraksi minyaknya, tetapi metode modern meliputi menghancurkan zaitun, mencampurkannya, dan kemudian memisahkan minyak dari bubur kertas dalam sentrifus.Setelah sentrifugasi, sejumlah kecil minyak tetap berada di pomace. Minyak sisa dapat diekstraksi menggunakan pelarut kimia dan dikenal sebagai minyak zaitun pomace.

Minyak zaitun pomace umumnya lebih murah daripada minyak zaitun biasa dan memiliki reputasi buruk. Membeli jenis minyak zaitun yang tepat sangat penting. Ada tiga kelas utama minyak zaitun - murni, virgin, dan ekstra virgin. Minyak zaitun extra virgin adalah jenis yang paling sedikit diproses atau dimurnikan.

Minyak zaitun extra virgin dianggap sebagai jenis minyak zaitun paling sehat. Karena diekstraksi menggunakan metode alami dan terstandarisasi untuk kemurnian dan kualitas sensorik tertentu seperti rasa dan bau. Secara hukum, minyak nabati yang diberi label sebagai minyak zaitun tidak dapat diencerkan dengan jenis minyak lainnya. Namun demikian, penting untuk memeriksa label dengan hati-hati dan membeli dari penjual yang memiliki reputasi baik.



Komposisi nutrisi dari minyak zaitun extra virgin


Minyak zaitun extra virgin cukup bergizi. Ini mengandung vitamin E dan K dalam jumlah sedang dan banyak asam lemak bermanfaat. Satu sendok makan (13,5 gram) minyak zaitun mengandung (1) berikut ini:

  • Lemak jenuh: 14%
  • Lemak tak jenuh tunggal: 73% (sebagian besar asam oleat)
  • Vitamin E: 13% dari Nilai Harian (DV)
  • Vitamin K: 7% dari DV
Khususnya, minyak zaitun extra virgin bersinar dalam kandungan antioksidannya. Antioksidan aktif secara biologis, dan beberapa di antaranya dapat membantu memerangi penyakit serius. Antioksidan utama minyak ini termasuk oleocanthal anti-inflamasi, serta oleuropein, zat yang melindungi kolesterol LDL (jahat) dari oksidasi.

Beberapa orang mengkritik minyak zaitun karena memiliki rasio omega-6 sampai omega-3 yang tinggi (lebih dari 10: 1). Namun, jumlah total lemak tak jenuh ganda masih relatif rendah, jadi ini seharusnya tidak menjadi perhatian.

Ringkasan

Minyak zaitun sangat tinggi lemak tak jenuh tunggal dan mengandung vitamin E dan K. dalam jumlah yang sedikit. Minyak zaitun extra virgin sejati mengandung antioksidan, beberapa di antaranya memiliki manfaat kesehatan yang kuat.

Minyak zaitun extra virgin mengandung zat anti-inflamasi


Peradangan kronis diyakini sebagai pendorong utama banyak penyakit, termasuk penyakit jantung, kanker, sindrom metabolik, diabetes, dan radang sendi. Beberapa berspekulasi bahwa kemampuan minyak zaitun untuk melawan peradangan ada di belakang banyak manfaatnya bagi kesehatan. Asam oleat, asam lemak paling menonjol dalam minyak zaitun, telah ditemukan untuk mengurangi penanda inflamasi seperti C-reactive protein.

Namun, efek anti-inflamasi utama minyak tampaknya disebabkan oleh antioksidan, terutama oleocanthal, yang telah terbukti bekerja seperti ibuprofen, obat anti-inflamasi yang populer. Para peneliti memperkirakan bahwa jumlah oleocanthal dalam 50 ml (sekitar 3,4 sendok makan) minyak zaitun extra virgin memberikan efek yang sama dengan 10% dari dosis ibuprofen dewasa untuk menghilangkan rasa sakit.

Suatu penelitian menunjukkan bahwa zat dalam minyak zaitun dapat mengurangi ekspresi gen dan protein yang memediasi peradangan. Ingatlah bahwa peradangan kronis tingkat rendah biasanya cukup ringan, dan butuh bertahun-tahun atau beberapa dekade untuk melakukan kerusakan. Menggunakan minyak zaitun extra virgin dapat membantu mencegah hal ini terjadi, sehingga mengurangi risiko berbagai penyakit radang, terutama penyakit jantung.

Ringkasan

Minyak zaitun mengandung asam oleat dan oleocanthal, dua nutrisi yang dapat melawan peradangan. Ini mungkin alasan utama manfaat kesehatan minyak zaitun.

Minyak zaitun extra virgin dan penyakit kardiovaskular


Penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung dan stroke, adalah salah satu penyebab kematian paling umum di dunia. Banyak penelitian menunjukkan bahwa kematian akibat penyakit ini rendah di wilayah tertentu di dunia, terutama di negara-negara di sekitar Laut Mediterania. Pengamatan ini awalnya mendorong minat pada diet Mediterania, yang seharusnya meniru cara orang-orang di negara-negara tersebut makan.

Studi tentang diet Mediterania menunjukkan bahwa itu dapat membantu mencegah penyakit jantung. Dalam satu penelitian besar, itu mengurangi serangan jantung, stroke, dan kematian hingga 30%.Minyak zaitun extra virgin melindungi terhadap penyakit jantung melalui berbagai mekanisme:
Mengurangi peradangan. Minyak zaitun melindungi terhadap peradangan, pendorong utama penyakit jantung.
  • Mengurangi oksidasi kolesterol LDL (buruk). Minyak melindungi partikel LDL dari kerusakan oksidatif, faktor kunci dalam perkembangan penyakit jantung.
  • Meningkatkan kesehatan pembuluh darah. Minyak zaitun meningkatkan fungsi endotelium, yang merupakan lapisan pembuluh darah.
  • Membantu mengelola pembekuan darah. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minyak zaitun dapat membantu mencegah pembekuan darah yang tidak diinginkan, ciri utama serangan jantung dan stroke.
  • Menurunkan tekanan darah. Satu studi pada pasien dengan tekanan darah tinggi menemukan bahwa minyak zaitun mengurangi tekanan darah secara signifikan dan menurunkan kebutuhan akan obat tekanan darah sebesar 48%.
Mengingat efek biologis dari minyak zaitun, tidak mengherankan bahwa orang-orang yang mengkonsumsi jumlah terbesarnya secara signifikan lebih kecil kemungkinannya meninggal akibat serangan jantung dan stroke. Lusinan - jika tidak ratusan - penelitian pada hewan dan manusia telah menunjukkan bahwa minyak zaitun memiliki manfaat besar bagi jantung.

Faktanya, buktinya cukup kuat untuk merekomendasikan bahwa orang-orang yang memiliki atau berisiko tinggi terkena penyakit jantung memasukkan banyak minyak zaitun extra virgin dalam makanan mereka.

Ringkasan

Minyak zaitun dapat menjadi salah satu makanan tersehat yang dapat Anda makan untuk kesehatan jantung. Ini mengurangi tekanan darah dan peradangan, melindungi partikel LDL dari oksidasi, dan dapat membantu mencegah pembekuan darah yang tidak diinginkan.

0 komentar