Kumpulkan Rp 10 Juta Setahun?? Begini Tips Menabung Paling Efektif Di Rumah

Kumpulkan Rp 10 Juta Setahun?? Begini Tips Menabung Paling Efektif Di Rumah
Tips Menabung Efektif

Menabung merupakan cara yang paling lazim digunakan oleh manusai sejak jaman dahulu kala. Kita mungkin mengenal istilah lumbung padi. Suatu tempat khusus yang digunakan masyarakat jaman dahulu, untuk mengumpulkan beberapa persen dari panen padi. Agar dapat digunakan ketika persediaan padi habis ataupun untuk berjaga-jaga jika terjadi gagal panen.

Jaman sekarang, hal tersebut sangat jarang dilakukan lagi atau bahkan tidak sama sekali. Dan yang lazim dilakukan oleh masyarakat saat ini adalah dengan menabung uang. Pada umumnya uang akan ditabung di bank ataupun di rumah mengunakan alat yang disebut celengan. Kali ini kita akan mengupas bagaimana cara menabung dirumah yang efektif.


Perlu tekad dan komitmen, untuk tidak mengusik tabungan anda

 

Anda perlu tekad yang kuat dan berkomitmen teguh untuk tidak mengambil sedikitpun uang tabungan ini. Dan anda juga harus konsisten untuk menabung. Ini bertujuan agar di ketika tepat satu tahun anda melakukannya. Uang yang ada di celengan anda ini sesuai dengan target. Yaitu 10 juta rupiah ketika genap 1 tahun menabung.

Jika apa yang anda lakukan sesuai dengan target anda, pasti anda akan senang kan?? Anda juga merasa puas. Usaha anda tidak sia-sia. Seperti peribahasa, "Berakit-rakit ke hulu, bersenang-senang kemudian". Jika anda merasa senang dan puas dengan yang anda lakukan, maka anda akan semangat untuk melakukannya lagi, dan lagi.


Catat keuangan anda


Anda harus menyempatkan diri untuk mencatat tabungan anda. Seperti halnya ketika kita menabung di bank. Catatan kapan anda memasukan uang anda ke dalam celengan dan berapa jumlah nominalnya. Anda harus melakukannya setiap anda memasukan uang anda. Tepat setelah satu tahun menabung, dan anda membuka celengan anda ini. Anda bisa melakukan kroscek berapa yang ada di catatan anda dan jumlah real dari celengan.

Catat juga pengeluaran harian anda. Agar anda dapat mengkalkulasi berapa pengeluaran anda perbulannya. Anda bisa memilah-milah mana pengeluaran tersebut mana yang merupakan kebutuhan pokok dan mana yang tidak penting. Sehingga anda mampu mengefisienkan pengeluaran anda perbulan.

Cara Investasi Emas Untuk Milenial

Tips menabung yang efektif


Cara menabung ini memiliki target yaitu sebanyak 10 juta rupiah dalam setahun. Jadi jika anda memiliki target yang berbeda, anda tinggal menyesuaikan dengan target anda tersebut. Misalnya anda punya target 20 juta setahun, jadi anda tinggal mengkalikan dua kali lipatnya.

Berikut cara menabungnya :


  • Simpan 1 lembar pecahan Rp10ribu setiap harinya. Setahun akan terkumpul 365 lembar.
  • Simpan 3 lembar pecahan Rp20ribu setiap minggunya. Setahun akan terkumpul 3 x 54 = 162 lembar.
  • Simpan 1 lembar pecahan Rp50ribu setiap minggunya. Setahun akan terkumpul 54 lembar.
  • Simpan 1 lembar pecahan Rp100ribu setiap bulannya. Setahun akan terkumpul 12 lembar.

Sekarang mari kita hitung berapa totalnya.


  • 365 x 10ribu rupiah =  3.650.000 rupiah
  • 162 x 20ribu rupiah = 3.240.000 rupiah
  • 54 x 50ribu rupiah = 2.700.000 rupiah
  • 12 x 100ribu rupiah = 1.200.000 rupiah
  • Jika di jumlahkan maka akan memperoleh hasil, Rp 10.790.000 rupiah.

Bagaimana?? Sesuai target kita bukan??


Cara ini sangat efektif, mudah, dan ringan. Semua orang dapat melakukannya. Dari mulai pelajar, mahasiswa, hingga ibu rumah tangga. Tips menabung tidak hanya efektif digunakan investasi saja. Tetapi juga untuk tujuan lainnya. Misalnya anda ingin membeli HP atau gadget idaman, menabung untuk biaya menikah, atau hanya sekedar untuk liburan bersama pasangan anda.

Besar nominal di atas bukanlah patokan baku. Karena anda dapat menyesuaikan dengan kemampuan anda dalam menabung. Misalnya anda mampunya hanya 5 ribu perhari, lakukan saja seperti cara di atas. Walaupun jumlahnya tidak akan sampai 10 juta rupiah. Tetapi jumlah tersebut akan lebih baik, daripada anda tidak mempunyai tabungan sama sekali tiap tahunnya.


Terakhir, seperti sebuah pribahasa yang sudah kita kenal sejak jaman SD dulu. "Menabung pangkal kaya", kaya disini bukan cuma soal uang dan nominal. Tetapi juga soal kepandaian, saudara, kemanfaatan bagi oranglain. Silahkan share agar semakin banyak yang memperoleh manfaatan dari artikel ini. Terima kasih.

0 komentar