8 Cara Rumahan Untuk Mengatasi Sariawan

Sariawan meski bukan penyakit berbahaya yang tak bisa disembuhkan, sariawan tentu menjadi hal menjengkelkan tersendiri bagi tiap orang.. Luka terbuka yang menyakitkan ini berwarna putih, dikelilingi oleh tepian merah meradang. Seringkali sariawan muncul di bagian dalam pipi, bibir, di bawah lidah, dan di dasar mulut.

Sariawan 

Masalah ini disebabkan oleh sejumlah faktor seperti pemicu makanan, sembelit, faktor keturunan, perubahan hormon, kelebihan keasaman, pipi tergigit, stres, dan kekurangan vitamin B kompleks, vitamin C, zat besi, atau nutrisi lainnya.

Sariawan biasanya tidak serius dan cenderung sembuh sendiri dalam tujuh sampai 10 hari. Namun, sariawan besar dan herpetiform (seperti ruam dengan bintik putih melepuh), membutuhkan waktu lebih lama untuk sembuh.  Untuk mempercepat penyembuhan sariawan, kita dapat mengobati sariawan dengan obat rumahan.

Berikut adalah 8 cara rumahan untuk mengatasi sariawan.

1. Dengan Obat Kumur

Obat kumur dapat kita beli dengan bebas, di apotik ataupun supermarket. Cara pengunaannyapun sangat mudah dan sederhana, Hanya dengan berkumur saja. Anda dapat membeli Listerine ataupun Sanorine. Tetapi ini tidak cocok jika digunakan oleh anak-anak. Mengingat efek samping berupa perih di sekitar luka sariawan.

2.  Larutan air dan garam

Garam dikenal dengan daya serapnya yang tinggi. Maka dari itu, berkumur dengan larutan air garam dapat membantu mengeringkan luka sariawan sehingga dapat mempercepat proses penyembuhan. Untuk menyembuhkan sariawan dengan larutan air garam, cukup larutkan satu sendok teh garam dalam setengah gelas air putih hangat. Aduk hingga merata, lalu berkumurlah dengan larutan tersebut selama 30 detik. Ulangi dalam beberapa jam sesuai kebutuhan.

3.  Menempelkan vitamin C dan vitamin B2

Pada dasarnya, sariawan memang biasa terjadi karena kekurangan vitamin C. Untuk mengobatinya, mudah saja caranya. Cukup tempelkan vitamin C tepat pada bagian ulkus atau luka sariawan. Efek sakit dan perih tentu akan terasa, namun luka biasanya langsung sembuh dengan cara tersebut. Bila sariawan ternyata cukup parah, maka tambahkan dengan vitamin B2.

4.  Mengkonsumsi yoghurt

Meminum yoghurt mungkin tidak langsung menyembuhkan sariawan begitu saja, namun dengan mengkonsumsi yoghut dapat menjaga keseimbangan bakteri yang ada di mulut juga di tubuh. Dengan begitu, proses penyembuhan luka ulkus bisa lebih cepat, sehingga sariawan bisa segera reda. Yoghurt juga bisa mencegah sariawan datang lagi.

5. Larutan air dan baking soda

Baking soda atau soda kue dipercaya dapat mengembalikan keseimbangan pH dalam mulut dan dapat mengurangi peradangan pada sariawan. Untuk mengatasi sariawan dengan soda kue, kita dapat melarutkan satu sendok teh soda kue dengan setengah gelas air putih. Berkumurlah dengan larutan tersebut selama 30 detik, dan ulangi bila perlu. Perlu diingat, soda kue memiliki rasa yang sangat asin sehingga kita harus berhati-hati ketika berkumur.

6.  Menempelkan bawang putih

Cara lain yang lebih praktis untuk mengobati luka sariawan adalah dengan menggunakan bawang putih. Bawang putih yang sudah dikupas dan dipotong, dapat menjadi obat herbal sariawan yang bisa langsung ditempelkan di ulkus.

7.  Yogurt

Sariawan dapat dipicu oleh beberapa hal, salah satunya yaitu disebabkan oleh bakteri Helicobacter pylori. Yogurt mengandung bakteri baik seperti lactobacillus yang dapat membantu membasmi bakteri penyebab sariawan tersebut. Untuk mempercepat proses penyembuhan sariawan dengan yogurt, cukup konsumsi satu cangkir yogurt setiap hari. Meminum yoghurt mungkin tidak langsung menyembuhkan sariawan begitu saja, namun dengan mengkonsumsi yoghut dapat menjaga keseimbangan bakteri yang ada di mulut juga di tubuh. Dengan begitu, proses penyembuhan luka ulkus bisa lebih cepat, sehingga sariawan bisa segera reda. Yoghurt juga bisa mencegah sariawan datang lagi.

8. Madu

Cairan pekat nan manis yang berasal dari lebah ini memang dikenal dengan manfaatnya yang begitu banyak. Madu dikenal memiliki kandungan antibakteri dan anti radang, sehingga dapat membantu meredakan rasa sakit akibat meradangnya sariawan. Mengobati sariawan dengan madu dapat dilakukan dengan mudah. Caranya, cukup oleskan madu pada bagian mulut yang terkena sariawan sebanyak empat kali sehari. Lakukan secara rutin. Atau anda dapat mencampurkan madu dengan pisang yang sudah dihaluskan.


Demikian cara jitu mengobati sariawan dengan obat sariawan rumahan. Semoga bermanfaat. Dan jangan lupa jaga kesehatan rongga mulut dan bibir dengan rajin menggosok gigi dan juga minum dan makan makanan yang bervitamin. Terimakasih.

0 komentar